Macam dan Jenis Sistem Koordinat Dalam AutoCAD

Dalam proses menggambar menggunakan autoCAD kita tidak lepas dari apa yang disebut koordinat,nah sementara kita belum mengerti betul koordinat apa yang sedang kita pakai,untuk itu mudah2an tutorial autocad tentang macam macam bentuk koordinat dalam autoCAD yang singkat ini dapat membantu kita semua.

Sistem koordinat yang dipakai AutoCAD adalah WCS (World Coordinat System), yaitu sistemkoordinat dengan sumbu X, Y, dan Z di mana masing-masing sumbu koordinat tersebut salingtegak lurus yang membentuk sudut 90 derajat dan berpotongan di titik (0,0) atau sering disebuttitik origin. Arah positif dari masing-masing sumbu tersebut dinyatakan dengan arah anak panah(arah kanan sumbu X dan arah atas sumbu Y adalah positif, sedangkan arah kiri sumbu X danarah bawah sumbu Y adalah negatif.) Sumbu Z sebagai sumbu ketiga dari kedua sumbusebelumnya (sumbu X dan sumbu Y) merupakan sumbu yang tegak lurus terhadap bidang yangdibentuk oleh sumbu X dan Y tersebut (XY Plane).


WCS adalah sistem perpaduan antara ketiga jenis sumbu X, Y, dan Z pada AutoCAD tersebut.Sistem tersebut merupakan sistem koordinat default pada AutoCAD. 

Untuk menentukan suatu titik penggambaran dalam bidang 2D dan 3D pada AutoCAD, terdapatempat jenis cara (metode) penentuan koordinat yang bisa digunakan sesuai jenis gambar yangakan dibuat, yaitu Koordinat Kartesius (Cartesian), Polar, Spherical, dan Cylindrical. JenisKartesius dan Polar bisa digunakan untuk bidang 2D maupun 3D, tetapi Spherical dan Cylindricaldikhususkan untuk penggambaran bidang 3D saja.
 
1.Sistem koordinat kartesius/kartesian.
Dalam sistem koordinat ini suatu garis atau line dibangun dengan menentukan posisi titik-titik /point  berdasarkan sumbu X dan Sumbu Y yang membentuk garis tersebut. Format penulisan koordinat ini sebagai berikut(X,Y).

2.Sistem koordinat Relatif.
 Berbeda dengan sistem koordinat kartesius, dengan sistem koordinat relatif seorang drafter tidak mesti tau posisi setiap point yang membentuk suatu objek dalam autocad, yang mesti diketahui hanya panjang dan tinggi suatu garis pada sumbu X dan Y, format penulisannya sebagai berikut (@panjang,tinggi).

3.Sistem koordinat Polar.
Berbeda dengan kedua sistem koordinat sebelumnya, pada sistem koordinat polar tidak bersumbu pada sumbu X dan Y, akan tetapi suatu garis dibentuk dengan menentukan panjang busur serta derajat kemiringan garis tersebut. Rentang polar mulai dari 0 derajat sampai 180 derajat. Format penulisannya sebagai berikut (@Panjang busur < derajat kemiringan).

Sekian tutorial kali ini, selamat bereksplorasi dengan autocad, sampai jumpa di artikel selanjutnya…



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar