Menggunakan Autolisp dalam AutoCAD.

Autolisp dalam AutoCAD.

Banyak sekali cara memberi perintah dalam program autoCAD bisa menggunakan tool/ikon,bisa juga dengan cara mengetikan perintah tersebut pada kolom perintah ( Command ),tapi cara yang akan saya bahas kali ini cenderung unik dan lain daripada yang lain yaitu Autolisp.

Apa yang dimaksud dengan autolisp..?

Bagaimana cara menggunakan Autolisp pada autoCAD…?

Sebelum memulai tutorial bagaimana cara menggunakan program autolisp pada autoCAD sebaiknya kita paham dan mengetahui apa yang dimaksud dengan program Autolisp dalam autoCAD.

Autolisp dalam autoCAD adalah implementasi bahasa pemrograman LISP (LISt Programing) di Autocad. Autolisp memberikan kemudahan dan fleksibilitas pada pengguna dan pengembang Autocad untuk menuliskan fungsi dan pemograman macro. Makro adalah script yang mengintruksikan komputer untuk melakukan serangkaian perintah.


Jadi bagaimana cara kerja autolips itu untuk mempermudah perintah” di autocad. Sebagai contoh saya akan memberikan script sebagai berikut: (tulis di dalam notped)

(DEFUN s::STARTUP () (COMMAD”PURGE” “ALL”)
(defun c:a () (command “line”))
(defun c:s () (command “circle”))

Sedikit saya jelaskan (defun c:a () (command “line”)) ini berarti apabila kita mengetik a maka akan mengaktifkan perintah line, dan untuk (defun c:s () (command “circle”)) dengan mengetik s maka kita aka mengaktifkan perintah circle.

Dengan script tersebut-pun anda sudah bisa membuat perintah” sendiri dan tidak perlu lagi untuk mencari gambar” perintah. (yang apabila gambar perintah” tersebut tidak ada di layar autocad anda kebingungan mencari-nya). Gunakanlah script itu untuk mempercepat proses pengerjaan dan pasti akan berguna untuk kedepannya.

Cara mengakftifkan program Autolisp di Autocad adalah sbb :
  • Buka program Autocad
  • masuk ke tools dan klik load application
  • cari program autolips yang sudah di buat klik dan tekan load.
  • selanjutnya bisa anda coba apakah bekerja atau tidak program tersebut.

Demikian pengetahuan singkat tentang autolisp pada AutoCAD,untuk tutorial bagaimana cara menggunakanya akan saya share pada postingan berikutnya pada acara dan gelombang yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar