Jogger Linear Dimension Dalam AutoCAD


Jogged Linear Dimension

Hari minggu ini bertepatan dengan perayaan hari natal bagi ummat kristiani,seperti halnya perusahaan lain yang meliburkan karyawan demi menghormati hari suci umat lain tap tidak dengan saya,karena saya mesti masuk kerja menyelesaikan pekerjaan yang belum rampung.

Pekerjaan saya beberapa hari ini memang menyita banyak tenaga dan pikiran,yach kebetulan proyek gambar kali ini “menggambar lay out pabrik”. Singkat cerita saya telah selesai mengerjakan semua proyek gambar dan siap untuk di sajikan dalam 2D alias berbentuk print.

Penyajian gambar2 inilah seorang teman saya mengalami kendala yaitu dia kesulitan memberi ukuran ukuran terhadap garis2 yang begitu panjang  dan tidak bisa terukur dengan tepat karna hanya menggunakan perkiraan kasat mata,sehingga apabila diberi ukuran dimensi sesuai gambar maka ditakutkan tidak valid dengan aslinya,,setelah mencoba berbagai macam cara akhirnya kami memutuskan menggunakan JOGGED LINEAR DIMENSION atau DIMENSION JOG.



Jogged Linear Dimension atau Jog Line Dimension Adalah sebuah tool/perintah yang berfungsi untuk menunjukkan titik pemberhentian garis ukur pada objek yang dimensioned. Nilai Dimensi mewakili jarak yang sebenarnya, bukan jarak yang diukur dalam gambar.

Cara menggunakan Jogged Linear Dimension :
  • Buatlah sebuah Rectangle ( 1000x500mm )
  • Buatlah Linear Dimension.
  • Klik ikon jogged dimension pada toolbar/ketik DIMJOGLINE pada kolom perintah.
  • Masukan Metode Add ( untuk menambah Dimension Jog )
  • Masukan Metode Remove ( untuk Menghilang Dimenson jog ).
  • Klik Dimension yang akan diberi dimension Jog ( perintah no.2 )
  • Klik titik dimension jog akan ditempatkan.


Nah demikian cerita soal Jogged Dimension dalam AutoCAD yang saya coba share di blog tutorial ini semoga cara menggunakan jogged Dimension atau Dimension jog ini dapat bermanfaat bagi kita semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar