Cara Menggambar 3D Solid Menggunakan Primitive Tool Dalam AutoCAD

Setelah kita paham dan mengerti tentang 3D solid seperti yang pernah kita bahas dalam postingan " Pengetahuan Dasar Tentang 3D Solid dalam AutoCAD maka kita akan memulai belajar cara membuat 3D Solid menggunakan AutoCAD.

Dalam membuat bangun 3D Solid, ada beberapa cara :
1) Dengan pemodelan padat bentuk dasar (primitive)

2) Dengan ekstrusi (Extrude)

3) Dengan pemutaran (Revolve)

4) Dengan penggabungan maupun pengurangan (Boolean)

Cara cara diatas sudah sangat familiar sekali bagi para Drafter,designer ,enginer maupun arsitektur yang semua ini mesti melewati proses menggambar dalam bentuk 2D atau tepatnya sketch ( sket / draft ).

dari cara Primitive,Extrude,Revolve,Boolean ini yang tidak menggunakan proses 2D hanya cara primitive.
untuk lebih jelas dan detailnya bagaimana cara menggambar menggunakan primitive tool dalam autocad ikuti langkah langkah sbb :

1. PRIMITIVE
Primitive adalah fasilitas perintah dari AutoCAD yang juga menyediakan bentuk-bentuk pemodelan dasar seperti membuat bola, kerucut silinder dan lain sebagainya.
Cara mengaktifkan toolbar Solids:
1. Klik menu View

2. Pilih Toolbar sehingga keluar kotak dialog Customize

3. Silang kotak disebelah kiri Solids
Akan keluar toolbar Solids.
 
Dari ikon sebelah kiri (Box hingga Torus) merupakan kelopok Primitive. Salah satu contoh cara menggambarnya adalah sebagai berikut:

BOX
Perintah Box digunakan untuk membuat objek kotak 3D Solid, dimana harus diisi panjang, lebar, dan tinggi. Misalnya akan dibuat kotak dengan panjang 6, lebar 5 dan tinggi 4.
Klik ikon Box:
Command : _box
Specify corner of box or [Center] <0,0,0>: titik awal

Specify corner of [Cube/Length]: L enter

Specify length: 6 enter

Specify width: 5 enter

Specify height: 7 enter
Catatan: Jika anda memilih L maka obyek kotak akan nampak seperti balok yang panjang, lebar, dan tingginya dapat ditentukan. Tetapi jika anda mengetik C maka kotak akan seperti kubus yang sisinya sama.

Cara membuat BOX ini juga dapat menggunakan cara seperti yang pernah saya posting terdahulu " Cara Cepat Membuat Kotak ( Box ) menggunakan AutoCAD


selamat mencoba dan jangan lupa postingan tentang bagaimana cara membuat 3D Solid menggunakan Extrude tool dalam autoCAD Next page...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar