Cara Export Gambar AutoCAD.

Setelah kita membahas tentang bagaimana cara memindahkan gambar autoCAD kedalam Microsoft Word,sekarang saya akan share tutorial autoCAD tentang bagaimana cara Export gambar AutoCAD dengan cara merubahnya menjadi Metafile (*.wmf).

Selain dapat menggunakan perintah COPYCLIP untuk mengkopi gambar ke clipboard Windows, Anda juga dapat menggunakan perintah COPYLINK untuk tujuan yang sama. Menggunakan perintah ini maka seluruh gambar yang ada akan dipindahkan ke dalam clipboar Windows. Anda tidak diberi kesempatan untuk memilih ibyek gambar yang mana saja yang akan dipindahkan.


Cara diatas memang sangat mudah sekali untuk dilakukan dan kebiasaan kita sehari-hari dalam proses ekspor. Tetapi proses cropping akan sulit dilakukan dan oleh sebab itu, saya akan mengajari Anda teknik selanjutnya dengan cara export file menggunakan tipe file.
Cara export File AutoCAD kedalam Metafile adalah sbb:

1. Di dalam AutoCAD, siapkan gambar, kemudian ikuti instruksi berikut.
Command: EXPORT
Beri nama File name terserah Anda dan rubah File of type menjadi Metafile (*.wmf)
kemudian klik Save dan dilanjutkan dengan
Select objects: (pilih obyek yang akan dipindah)
Select objects: (Enter)
.
2. Buka program Word kesayangan Anda dan buka juga file dokumen yang akan diselipkan gambar. Disini saya mencontohkan pada Word 2007, walaupun Anda masih menggunakan Word versi dibawah caranya tetap sama.
3. Pindahkan posisi cursor pada daerah di mana gambar akan diselipkan.
4. Pada menu Ribbon pilih Insert kemudian Picture
5. Kemudian akan muncul Insert Picture dan cari dimana Anda menyimpan export file
dari AutoCAD tadi dan klik Insert
6. Gambar langsung berada pada halaman Word Anda dan Anda dapat mengatur gambar tersebut dan Anda juga dapat melakukan cropping pada gambar tersebut.

Semoga artikel yang saya tulis ini dapat membantu Anda dalam proses ekspor gambar dari AutoCAD ke program lain.

Jika Anda pengguna AutoCAD 2010 maka Anda akan mendapati sebuah menu export pada menu orb seperti gambar di bawah ini. Anda dapat meng-export ke dalam PDF file dan jika Anda ingin mengikuti teknik export seperti penjelasan di atas maka Anda langsung memilih Other Formats. Teknik export ini juga berlaku pada AutoCAD 2009 dan jangan harap AutoCAD dibawah 2009 dapat melakukan hal tersebut . Semoga secuil artikel saya bermanfaat buat Anda dan juga teman-teman saya di jagad maya. Artikel ini saya tulis untuk membantu rekan saya yang sedang menusun skripsinya yang berhubungan dengan Word dan AutoCAD dan semoga membantu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar