Cara Membuat 3Solid Menggunakan Revolve dalam AutoCAD.


Masih ingat postingan saya tentang  Modul  4 Cara membuat 3D solid yang pernah saya posting di blog autoCAD Tangerang ini,…? Pasti masih ingat dan sudah membacanya atau malah sudah bisa mempraktekan…? Hmmm kalau memang sudah di baca,dimengerti dan dan bisa mempraktekan cara cara membuat 3D solid  menggunakan 4 cara yang antara lain : Primitive Tool,Extrude Tool.

Melanjutkan cara cara membuat 3D solid selain primitive tool dan Extrude tool,maka sekarang saya akan mencoba mengulas cara lain dalam membuat 3D solid yaitu Revolve,tapi sebelum kita melangkah lebih lanjut mengenai cara membuat 3D solid menggunakan revolve tool/ cara membuat benda 3D menggunakan perintah revolve,sebaiknya kita cari tahu dulu apa yang dimaksud dengan revolve.

Revolve adalah perintah membuat bangun 3D dengan cara memutar suatu obyek 2D, di mana lintasan putarnya membentuk obyek 3D baru,yang bersumbu pada garis center vertical maupun horizontal ( Sumbu X,Y ).

Cara membuat suatu objek 3D / 3D solid menggunakan autoCAD adalah sbb:
  • Buatlah sebuah garis.
  • Gabungkanlah garis garis yang belum membentuk satu entities.
  • Masukan Perintah Revolve/klik revolve pada toolbar.
  • Pilih garis garis yang akan di jadikan objek 3D.
  • Tentukan titik/garis yang akan menjadi garis sumbu/center.
  • Ok.
Adapun spesifikasi urutan dalam kolom perintah adalah sbb:
  • Command : _revolve
  • Current wire frame density: ISOLINES=4
  • Select objects: 1 found klik pada obyek polyline
  • Select objects: enter
  • Specify start point for axis of revolution or define axis by [Object/X (axis)/Y (axis)]: titik sumbu
  • Specify endpoint of axis :
  • Specify angle of revolution <360>: 360

Nah setelah proses diatas sempurna selesai dah pembuatan objek 3D/3D solid menggunakan perintah revolve menggunakan autoCAD.

Semoga dengan tutorial singkat cara menggunakan peritah revolve ini dapat bermanfaat bagi rekan rekan semua,jangan lupa ikuti postingan saya selanjutnya masih dalam acara tutorial autoCAD.

Catatan: Untuk menentukan titik sumbu gunakan endpoint agar lebih mudah. Gambar diatas (kiri) merupakan obyek polyline dan di sebelah kanan merupakan hasil dari revolve.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar